Pilih Kasih Sukarmis dan Riau Airlines

ANALISA NEWS

- Redaksi

Sabtu, 4 Mei 2024 - 20:36 WIB

5016 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PEKANBARU, 4 MEI 2024 – Keberanian pihak kejaksaan mengangkat kasus dugaan korupsi Hotel Kuansing yang akhirnya menyeret mantan Bupati Kuansing Sukarmis menjadi tersangka dan telah pula ditahan oleh Kejari Kuansing, menyisakan tanda tanya besar bagi publik di Riau.

“Bagaimana tidak, kasus dugaan korupsi Hotel Kuansing itu kita ketahui bersama diduga merugikan negara hanya sebesar sekitar Rp 5 miliar, diduga terjadi pada tahun 2014 silam, namun jaksa tampak bergerak cepat, Sukarmis pun sudah ditahan. Di sisi lain, banyak kasus dugaan korupsi lain di Riau yang seakan tak tersentuh oleh penegak hukum,” ungkap Sekretaris Eksekutif CERI, Hengki Seprihadi, Sabtu (4/5/2024) di Pekanbaru.

Hengki mengungkapkan, di antara skandal atau kasus besar yang seakan diam di antaranya adalah skandal Riau Airlines (RAL). Sejak era Gubernur Riau dijabat Rusli Zainal, diduga sudah ratusan miliar APBD Riau digelontorkan ke RAL, namun publik sampai saat ini tidak tahu ujung pangkalnya karena tidak ada pertanggungjawaban. Pastinya, maskapai itu sudah tidak mengudara lagi. Pesawatnya bahkan sudah dijual per kilo bak besi tua.

“Untuk kasus RAL ini, sudah ratusan miliar Rupiah uang daerah bersumber dari APBD Riau yang sudah digunakan sejak Rusli Zainal menjadi Gubernur Riau. Cilakanya, hingga saat ini tidak jelas ujung pangkalnya, dan tidak ada pertanggungjawaban kepada rakyat, ini benar-benar aneh,” ungkap Hengki.

Oleh sebab itu, kata Hengki, pihaknya mendesak aparat penegak hukum, mulai dari Kejati Riau, BPK, BPKP bahkan KPK jika perlu untuk mengusut semua penggunaan dana rakyat untuk RAL tersebut.

“Jangan sampai publik menganggap ada tebang pilih dalam penegakan hukum di Riau lantaran Sukarmis yang diduga menyelewengkan anggaran Rp 5 miliar diuber dan ditangkap, sementara petinggi Riau yang telah menggunakan ratusan miliar untuk RAL tapi tidak jelas pertanggungjawabannya dibiarkan tidur nyenyak sampai saat ini,” ungkap Hengki.

Sementara itu, dilansir Halloriau edisi 9 Mei 2023, PT PIR diketahui mengambil alih utang PT Riau Airlines (RAL) sebesar Rp80 miliar di luar bunga kepada Bank Muammalat Indonesia (BMI).

Meski PT RAL sendiri telah dicabut izin operasinya sejak tahun 2012 lalu, utang mereka masih menjadi beban keuangan Pemprov Riau hingga saat ini, karena ditanggung oleh PT PIR.(*)

Berita Terkait

Diduga Tidak Penuhi Hak Jawab dan Lakukan Pencemaran Nama Baik, Diminta Sarwono Segera Laporkan Media dan Pemilik ke Mapolda Riau
Merasa Nama Baiknya Dicemari, Sarwono Layangkan Hakjawab kepada Pempred Media Online Delik Hukrim
Putera Pejuang Penerus Bangsa Riau Apresiasi Kejati Riau Atas Pemberantasan Korupsi Di Sekretariat DPRD Riau
Wujudkan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat, RSDC Pekanbaru siap bersinergi bersama Media dan AMI
Usai Dilantik, DPW PWDPI Riau Langsung Melakukan Audiensi Kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau
Ismail Sarlata Ketum AMI Mengucapkan Selamat Atas Pengukuhan dan Pelantikan Serta Siap Mendukung DPW PWDPI dan Organisasi Wartawan Lainnya
Pelantikan PWDPI Riau, Ini Kata Ketua Umum Dan Ketua DPW PWDPI Serta Gubernur Riau
Saat Dikonfirmasi Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana Bos, Oknum Kepsek SD Negeri 44 Pekanbaru Diam Bungkam

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 10:31 WIB

Keluarga Besar AMI Mengucapkan ‘Selamat dan Sukses Atas Terpilihnya PJ Bupati Kabupaten Bekasi, Dr. H. Moh. Ikhwan Syataria, ST SE MM’

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:46 WIB

Wasekjen AMI Dukung Kongres Masyarakat Bekasi Yang Akan Digelar

Minggu, 5 Mei 2024 - 15:08 WIB

Wakil Kepala Intelijen Investigasi Negara D.Silalahi Do’akan Pimred Jabar Express yang Sedang Sakit

Minggu, 5 Mei 2024 - 10:35 WIB

Warga Panbar Curhat ke Helmy Halim Soal SMP Negeri

Sabtu, 4 Mei 2024 - 10:12 WIB

Berikut 8 Alasan, Mochtar Mohamad Maju Pilkada Walikota Bekasi 2024

Jumat, 3 Mei 2024 - 12:59 WIB

Sinyal Didukung Ketua DPW PKB Jabar, M2 Mantap Maju Pilkada Kota Bekasi

Rabu, 1 Mei 2024 - 03:41 WIB

KEPSEK SMAN 1 TAMBUN UTARA : ” Saya Tidak Seperti Kepsek Yang Ada Di Kota Yang Gunakan Uang Orang Tua Untuk Tunjangan / Kepentingan Pribadi. “

Rabu, 24 April 2024 - 13:33 WIB

Didukung Rahmat Effendi, Mochtar Mohamad Maju Pilkada Kota Bekasi

Berita Terbaru

Daerah

Pemkab Karo Ukir Prestasi Lima Kali Raih Opini WTP BPK RI

Selasa, 28 Mei 2024 - 06:33 WIB